Pages

Minggu, 15 Maret 2009

Unforgettable Solo (part 1)


Pemberhentian pertama:
wisata belanja : Pasar Klewer - Pusat Grosir Solo

Batik sama dengan Jawa. Ga lengkap rasanya, bepergian ke Daerah Jawa Tengah tanpa membeli batik. Salah satu pusat belanjanya adalah pasar tradisional Klewer. Berbagai macam motif dan model batik ada disini. Daster..Baju Resmi..Baju santai..semuanya batik..Bagi gw yang udah bosen liat dagangan bokap yang jual batik juga. Gw lebih memilih hunting kaos yang gambarnya wayang..yang menggambarkan khas kota Solo..Kalau belanja-belanja gini, musti pintar-pintar nawar.

Salah satu teman kerja gw pernah bergurau," Indonesia dijajah Padang..abis dimana-mana ada rumah makan Padang". Jauh-jauh ke Pasar Klewer, yang dagang batiknya orang Padang juga..langsung ketahuan dari logatnya..tapi ketemu sesama orang minang bukan berarti dapat harga murah juga sih..tapi setelah gw ngiter-ngiter..dagangannya urang awak itu termasuk murah lho..

Berhubung besoknya gw mau jalan-jalan ke tawangmangu..ga mungkin donk gw pake jins kotak-kotak yang sempit itu (padahal dulu siy engga sempit)..ya udahlah gw beli baju aja lagi..trend yang lagi in adalah baju laskar pelangi..itu lho yang warna-warni dengan macam-macam gradasi..modelnya juga macem-macem..dan lebih muraaaaaaahh dibanding beli di Jakarta..ya iyalah..konveksinya dari Solo..gw pun tak ketinggalan membeli baju laskar pelangi..yg lebih tepatnya daster..kerenn..



Pemberhentian Kedua;
wisata budaya plus wisata sejarah ---> Keraton Kasunanan

daripada gw mendeskripsikannya salah-salah dan sotoy-sotoy..mendingan yang gw upload foto-foto aja deh..oke banget lah buat yang suka sejarah..


ket; aula tempat Raja menyelenggarakan pisowanan agung..bagi pengunjung, tidak boleh naik ke atas..


ket; menara biru - tempat Raja bersemedi untuk bertemu dengan Nyi Roro Kidul





ket; kereta kuda Pakubuwono II saat hijrah ke Keraton yang sekarang gw kunjungi
liat deh..ada lambang VOC di keretanya..adakah yang tahu artinya apa?.

Di tengah-tengah museum..ada sumur batu..konon, seperti pemandunya bilang, Siapa yang mencuci muka atau meminum air dari sumur ini, kelak keinginannya terkabulkan..
percaya engga percaya sih..berhubung gw haus, gw minta segelas air..airnya mentah gitu..tapi rasanya engga jauh beda ama air mineral yang matang lho..

Sayangnya..menurut gw..tidak semua objek-objek museum yang terawat baik..kalau yang 'bertuah' gitu..sangat terawat..masing-masing ada namanya..dan disamping benda tersebut diberikan sesajen kecil..engga salah sih, khusus benda-benda keramat, ada upacara tersendiri untuk membersihkan benda tersebut. kalau yang benda yang tergolong biasa..malah berdebu..kusam dan tidak menarik.

-to be continue-

Tidak ada komentar:

Posting Komentar