Pages

Selasa, 17 Februari 2009

Langkah Pertama

Yippi!!!
gw memulai blog yang khusus mengulas perjalanan kaki ini..

Akhir Desember 2008 lalu, Bang Adek,Om gw, ngajakin seluruh keluarga ke Anyer..Skali-kali jalan-jalan bersama, katanya. Gw tahu dia ingin menghibur kami sekeluarga dari kepergian Bundo. Sudah lama sekali berlalu, saat-saat liburan panjang mengunjungi Jakarta setahun sekali untuk berlibur di rumah Bang Adek, sekadar jalan-jalan ke Dufan..Taman Safari..Justru, udah sepuluh tahun di Jakarta, jarang sekali bepergian bersama-sama.

Tujuannya: Pantai Anyer
Believe or not, ini baru pertama kalinya gw ke Anyer..
Dan di dalam perjalanan ini, gw sadar pertama kalinya, gw seperti hidup di kota kaca..
Engga kemana-mana..terpaku rutinitas Klender-Depok..
Setahun dua kali ke Puncak untuk Raker/Muker..itupun bukan untuk senang-senang..

Sepuluh tahun di Jakarta..3 tahun udah megang KTP Jakarta..
Pengetahuan tentang kota Jakarta engga ada bedanya ama adek gw, Azwar..
Gw 'buta arah' kalau bicara Jakarta Selatan, Jakarta Barat, Jakarta Utara
Sementara untuk Jakarta Timur dan Jakarta Pusat, hanya separuh wilayah tersebut yang gw tahu..

Gw sih emang ga punya naluri 'nyasar' kayak duo Juma ama Eka..karena satu hal sebelum pergi, gw dah mikir, gw pergi kemana, naek apa, pulangnya gimana. Kalau gw ga yakin angkotnya bener..mendingan diem di rumah (bilang aja penakut susye amat)..tindakan preventif ini yang akhirnya bikin gw jarang ngumpul-ngumpul atau jalan kemana gitu..Ya klo ga mau susah, gampang sih, tinggal naek taksi..sayang ah duitnya buat taksi, mendingan buat beli buku nambah koleksi buku gw..

Terlebih lagi..dengan membaca 'the alchemist' by Paulo Coelho..yang bikin gw ingin melihat negara lain..atau dengan membaca buku 'Naked Traveller' by Trinity..siapa yang engga mupeng pergi ke daerah-daerah yang asyik dengan budget terbatas tapi bisa punya segudang pengalaman..Den Haag..Leiden..Santiago Barnebeau..tempat impian yang ingin gw kunjungi..seringkali gw meracau If I Were in Santiago Barnebeau

Keep My Dream Alive...

Tapi pembicaraan di hati..silang pendapat antara keinginan dan rasionalitas membuat gw tersadar..
Azia..gimana lo mau ke luar negeri? klo masih di Jakarta aja,buta arah..Orang Indonesia kan..berapa wilayah Indonesia yang udah pernah lo datangi..oke..oke..setidaknya gw keliling Indonesia dulu deh..


Ya..ya..
Resolusi 2009 yang gw cetuskan sih engga muluk-muluk deh, cuma satu, pengen keliling Sumatera Barat..mengunjungi tiap kotanya..Tujuh tahun engga pulang kampung..menggila rasanya..




behind the photo;
Bundo duduk berlatarkan Bukit Barisan di depan Rumah Ibuk, Desa Gelanggan Tangah, Bawah jao, Selayo, Solok

Tidak ada komentar:

Posting Komentar